Genre Game: Macam-Macam Genre Game Beserta Penjelasannya

Tidak hanya musik , buku dan film saja yang mempunyai genre , terdapat beberapa genre juga didalam sebuah game. Genre disini dipakai untuk menggolongkan permainan menurut pengaturan atau isi dari struktur permainan tersebut. Genre yang terdapat didalam game ada banyak jenisnya , disini saya akan membahasa setiap genre game itu sendiri :

#RPG - Role Playing Game




Permainan ini sanggup disebut juga dengan Game Peran dimana game ini menempatkan pemain untuk memainkan tokoh yang sudah disediakan. Game dengan genre ini biasanya mempunyai alur kisah yang kompleks dimana pemain harus memecahkan suatu misteri yang terdapat disetiap alurnya. Game RPG ini juga terdapat sebuah misi (Quest) dimana quest tersebut biasanya saling terhubung dengan quest-quest lainnya , sehingga membentuk sebuah cerita. Biasanya , dikala pemain berhasil menuntaskan Quest maka akan diberi hadiah berupa Gold , Exp , Item , dan lainnya. Gold disini sanggup berupa uang dan lainnya , dimana berfungsi sebagai alat pembayaran untuk membeli Weapon , Armor , Item , dan kebutuhan lainnya untuk memperkuat karakter. Game dengan genre ini juga biasanya terdapat unsur Experience Point atau yang biasa kita kenal dengan EXP. EXP disini mempunyai kegunaan dalam perkembangan sebuah karakter , dimana huruf sanggup level up atau bertambah kuat. Genre ini juga tidak lepas dari Equipment atau perlengkapan yang diperlukan oleh huruf game. Biasanya berupa Item , Weapon , Armor , Skill , dan lainnya. Game ini biasanya bertujuan untuk mengalahkan BOS atau RAJA yang mengendalikan atau memegang kendali penuh sebuah permasalahan(konflik) yang terdapat dalam game tersebut.
Contoh Game : Onimusha , Genji Dawn Of The Samurai , The Elder Scrolls , dan lainnya.

Terdapat sub-genre dari Game RPG ini , yaitu:

Turn Based RPG



Turn Based RPG ialah genre game yang mempunyai pertempuran dengan sistem bergantian , dimana dikala didalam pertempuran pemain harus memperlihatkan perintah terlebih dahulu kepada huruf untuk menyerang , sesudah huruf melaksanakan serangan terhadap musuh , maka gantian giliran musuh untuk menyerang huruf pemain. Perintah yang terdapat dalam genre ini biasanya berupa Attack (menyerang musuh secara normal) , Magic (menyerang musuh memakai sihir , sanggup juga penyembuhan terhadap diri sendiri maupun team) , Skill (menyerangan musuh memakai tekhnik atau jurus Istimewa yang hanya dimiliki huruf tersebut) , Defense (bertahan dari serangan musuh) , Steal (mencuri item yang dimiliki musuh).
Contoh Game : Final Fantasy X , InuYasha The Secret Of The Cursed Mask , Suikoden , dan lainnya.

MMORPG - Massively Multiplayer Online Role Playing Game




MMORPG ialah genre game yang melibatkan banyak pemain untuk bermain bersama dalam dunia virtual secara online atau terhubung dengan internet. Pemain sanggup berinteraksi dan bermain bersama dengan pemain lainnya dalam satu waktu atau secara pribadi dalam dunia virtual.
Contoh Game : Dragon Nest , Ragnarok , Atlantica , SEAL , dan lainnya.

#SHOOTER
SHOOTER ialah genre game yang dalam permainannya bertemakan tembak-tembakan atau perang yang memakai senjata api ibarat halnya pistol dan senapan. Untuk genre game yang satu ini tentunya sudah tidak ajaib lagi bukan untuk kalian para pecinta game , terutama mereka yang bermain Point Blank. Tujuan dari genre game ini berbeda-beda , ada yang bertujuan menembak lawan untuk melanjutkan dan memenangkan sebuah misi atau quest tertentu , dan ada yang bertujuan untuk siapa yang berhasil membunuh paling banyak dengan tujuan untuk mendapatan EXP yang lebih banyak tentunya. Genre SHOOTER ini sendiri bahwasanya ialah sub-genre dari genre game ACTION. Dikutip dari Wikipedia , diakatakan bahwa SHOOTER ialah sub-genre dari genre game action dikarnakan genre ini menguji kecepatan dan reaksi dari pemainnya.
Contoh Game : Black , Sniper Elite , Counter Strike , Point Blank , dan lainnya.

Terdapat sub-genre dari Game SHOOTER ini , yaitu:

FPS - First Person Shooter



FPS ialah genre game yang mempunyai sudut pandang orang pertama , dimana kita hanya sanggup melihat bab tangan huruf kita saja yang memegang senjata. Hal ini bertujuan supaya pemain mencicipi seakan  benar-benar berada disana (medan perang).
Contoh Game : Black , Call Of Duty , Half-Life , dan lainnya.

TPS - Third Person Shooter




TPS ialah genre game yang mempunyai sudut pandang orang ketiga , dimana huruf sanggup terlihat sepenuhnya (full body). Hal ini bertujuan supaya pemain mempunyai pandangan yang luas terhadap lingkungan sekitar.
Contoh Game : Sniper Elite , Conflict Desert Strom , Conflict Vietnam , dan lainnya.

MMOFPS -  Massively Multiplayer Online First Person Shooter




MMOFPS ialah genre game permainan tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama yang dimainkan oleh banyak orang , dan sanggup dimainkan secara bersamaan dengan online melalui internet , dimana para pemain sanggup berinteraksi dan bermain bersama dengan pemain lainnya dalam satu waktu atau secara pribadi dalam dunia virtual.
Contoh Game : Point Blank dan Cross Fire.

#STRATEGI
STRATEGI ialah genre game yang dimana kita diharuskan sanggup memimpin suatu bangsa , mengelola sumber daya , dan membangun , mempertahankan , dan menyerang dengan taktik yang matang untuk sanggup memenangkan permainan. Diperlukannya pengamatan dan perencanaan ialah salah satu dasar untuk bermain game dengan genre ini , bila kita melaksanakan semuanya dengan asal-asalan pada game dengan genre yang satu ini , kemungkinan untuk menang amat sangat kecil.

Terdapat sub-genre dari Game STRATEGI ini , yaitu:

RTS - Real Time Strategy



RTS ialah genre game yang mengandung strategi , dimana kita harus sanggup memimpin suatu bangsa , mengelola sumber daya yang ada , menciptakan suatu pasukan , dan membangun sebuah benteng kerajaan kemudian mempertahankannya sehingga pihak musuh tidak sanggup menembus pertahanan , kemudian menyerang kedalam wilayah musuh dengan taktik yang matang untuk memperluas wilayah kekuasaan , hingga alhasil berhasil memenangkan game tersebut.
Contoh Game : Stronghold Crusader , Age Of Empires , Comand and Conquer , dan lainnya.

TBS - Turn Based Strategy



TBS ialah genre game yang mengandung strategi , dimana pemainnya harus saling menunggu giliran untuk bergerak.
Contoh Game : Crowntakers dan Brigandine

#SIMULATION
SIMULATION ialah genre game dengan jenis simulasi , dimana game dibentuk menurut dari kehidupan didunia nyata. Game ini dibentuk bertujuan untuk orang yang ingin melaksanakan sesuatu ibarat hal nya menahkodai sebuah kapal didunia aktual tetapi tidak atau belum kesampaian. Game ini juga bermanfaat untuk melatih simulasi terlebih dahulu sebelum alhasil melaksanakan aktivitas aslinya didunia nyata.

Terdapat sub-genre dari Game SIMULATION ini , yaitu:

Life Simulation



Life Simulation ialah genre game yang membawa kita untuk mensimulasikan sebuah aktivitas sehari-hari insan ibarat bersosialisasi , bekerja , berkebun , merawat hewan , dan banyak lagi.
Contoh Game : Farming Simulator dan The Sims Series

Vehicle Simulation



Vehicle Simulation ialah genre game yang membawa kita untuk mensimulasikan dalam pengoprasian sebuah kendaraan , baik kendaraan sehari-hari maupun kendaraan perang ibarat halnya motor , mobil , tank , pesawat , bahtera dan masih banyak lagi.
Contoh Game : Euro Truck Simulator , Driving Simulator , dan Flight Simulator.

Construction and Management Simulation



Genre game yang membawa kita mensimulasikan pembangunan sebuah kota lengkap dengan akomodasi publik ibarat gedung , alat transportasi , taman , dan masih banyak lagi.
Contoh Game : Megapolis dan SimCity

#ACTION



Action ialah genre game yang memerlukan refleks , akurasi , dan waktu yang sempurna untuk menuntaskan sebuah tantangan. Dikatakan bahwa action ialah dasar dari semua genre yang terdapat didalam game , dan genre action sendiri sudah mempunyai permainan terbanyak dibandingkan genre lainnya. Dikatakan juga hampir semua genre yang terdapat didalam game ialah sub-genre dari genre action.


#ADVENTURE




Adventure ialah genre game yang menceritakan ihwal petualangan tokoh huruf yang terdapat didalam game.  Karakter berpetualang dari satu daerah ketempat lainnya untuk menuntaskan misi dan memecahkan sebuah misteri yang terdapat didalam game.

Contoh Game : Ice Age Adventure , Age Of Wind , dan Rayman Adventure

#FIGHTING




Fighting ialah genre game yang mengusung tema pertarungan 1 vs. 1 atau yang biasa disebut dengan duel. Tujuan game ini tidak lain dan tidak bukan ialah mengalahkan musuh melalui duel dengan gaya bertarung masing-masing karakter. Biasanya didalam dame dengan genre ini sanggup menentukan huruf sesuai yang kita inginkan , sanggup dibilang bebas milih.

Contoh Game : Tekken , Naruto(Duel mode) , One Piece , Mortal Kombat dan lainnya.

#RACING




Racing ialah genre game dengan tema balapan , tidak peduli apa kendaraan yang digunakan , selama itu masih masuk kedalam balapan maka sanggup dikatakan genre game tersebut ialah racing. Tujuannya tentu menjadi yang tercepat. Biasanya genre ini mengusung ihwal balapan resmi dan balapan liar.

Contoh Game : Need For Speed Most Wanted , Under Ground , dan Moto GP.

#SPORT




Sport ialah genre game yang menuntut keterampilan pemain dalam melaksanakan pertandingan olahraga secara virtual. Game ini dibentuk menurut kehidupan nyata , dimana hampir dari keseluruhan game dengan genre sport mempunyai huruf yang benar-benar ada dikehidupan aktual dengan menyesuaikannya sedemikian rupa ibarat aslinya. Ada juga hasil editan dari sang pembuat game.

Contoh Game : Pro Evolution Soccer , FIFA , NBA , Madden NFL , World Golf Tour , dan lainnya.
Sumber https://enniferconnerwriter.blogspot.com/
Sumber https://cheatersboiemz.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Skill Kuda Dynasty Warriors 6

Cara Ganti Nomor Hp Akun Garena

Ninja Saga : Tips Menentukan Secret Talent Ninja Saga Sesuai Elemen Ninjutsu