Pengertian| Jenis| Genre Game


Pengertian Game

Apa itu game?Dalam kamus besar bahasa Indonesia , game diartikan sebagai permainan.
Menurut pengetahuan saya dan dari beberapa artikel yang sudah saya baca , sanggup disimpulkan bahwa Game ialah sebuah permainan yang mempunyai peraturan yang dimana si pemain(player) harus mentaati/mengikuti nya , peraturan(di dalam game) ini bertujuan untuk memberitahukan kepada pemain apa yang harus dan tidak harus dilakukan dalam menjalankan permainan tersebut. Didalam game juga terdapat sekenario yang menciptakan alur permainan pun terperinci dan terarah. Sekenario di sini bisa mencakup alur cerita , setting map , level , bahkan dampak yang ada didalam game tersebut.

Game/Permainan umumnya menyediakan sistem penghargaan. Contoh , Score/Skor yang dihitung menurut tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menuntaskan tugas-tugas yang terdapat dalam game tersebut.

Game ini sendiri banyak disukai oleh belum dewasa sampai orang dewasa. Bagaimana tidak , karna game ini sendiri bersifat menghibur , selain itu game juga baik untuk perkembangan otak , untuk meningkatkan konsentrasi , daya ingat dan melatih memecahkan persoalan dengan cepat dan tepat , karna didalam game itu sendiri terdapat sebuah tugas(misi) dan masalah(konflik) yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Game juga sanggup membantu dalam membangun keterampilan dalam bersosialisasi , dan masih banyak lagi manfaat dari game ini. Game juga sanggup berdampak negatif apabila si pemain tidak ingat waktu dalam bermain game , karna waktu ialah uang , maka alangkah baik nya kalau sanggup dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya , tidak hanya untuk bermain game saja.

Jenis & Genre Game

Berdasarkan jenis platfrom atau alat yang dipakai :

1. Arcade games , yaitu game yang mempunyai ruang gerak yang dilengkapi dengan perangkat ibarat pistol , bangku khusus , sensor gerakan , sensor injakan ,stir kendaraan beroda empat dan lainnya (beserta transmisinya tentunya) dengan desain semenarik mungkin sehingga menciptakan si pemain merasa berada di dalam game dan menikmati sebuah arti game tersebut.

2. PC games , yaitu video game yang dimainkan memakai personal computer/perangkat komputer.

3. Console games , yaitu video game yang dimainkan memakai console tertentu , ibarat PlayStation 1 ,2 ,3 dan Nintendo wii.

4. Handheld games , yaitu game yang dimainkan memakai console khusus video game yang sanggup dibawa kemana mana , pola Tamagochi , Gameboy , dan PSP.

5. Mobile games , yaitu game yang dimainkan khusus memakai mobile phone/HP atau PDA.

Berdasarkan genre atau jenis permainanya :

1. Shooter
Shooter ialah jenis/genre game dengan tema tembak-menembak/peperangan yang memakai senjata api , ibarat pistol , shotgun , senapan , dan senjata jarak jauh lainnya. Umumnya tujuan dari game bergenre shooter ini ialah mengalahkan musuh dengan cara menembak nya dan menuntaskan misi tertentu. Terdapat 3 Jenis dari genre shooter ini , yaitu :

First Person Shooter (FPS)
Adalah jenis game yang memakai sudut pandang orang pertama , dimana kita hanya sanggup melihat tangan nya saja yang sedang memegang senjata dan tidak sanggup melihat badan aksara yang dimainkan. Contoh : Syndicate dan Battlefield4.

Third Person Shooter (TPS)
Adalah jenis game yang memakai sudut pandang orang ketiga , sehingga kita sanggup melihat full body aksara yang sedang digunakan. Contoh : Dino Crisis dan Metal Slug.

Massively Multiplayer Online First Person Shooter (MMOFPS)
Adalah jenis game yang dimainkan secara online yang menggabungkan FPS pada sebuah dunia virtual yang dimana para pemain sanggup berinteraksi satu sama lain. Contoh : Point Blank dan Cross Fire.

2.Strategy
Strategy ialah Jenis game yang mengharuskan pemainnya memakai taktik dan taktik untuk jeli dalam melihat setiap peluang , kelemahan musuh dan bijaksana dalam memakai sumber daya yang ada untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy , kita dituntut untuk mencari uang , energy , poin dan sebagainya yang berfungsi untuk untuk membiayai pasukan kita. Games Strategy dibagi 2 :

Real Time Strategy (RTS)
Pada game jenis ini , kita sanggup mengendalikan pasukan secara langsung , dari mencari sumber daya , sampai menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini sanggup kita saksikan secara langsung.

Turn Based Strategy (TBS)
Game Jenis ini ialah game yang di jalankan secara bergiliran , ketika kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan , ketika itu pihak lawan harus menunggu , begitu pula sebaliknya , layaknya catur.

3.Adventure
Adventure Adalah Jenis game yang umumnya menciptakan pemain harus berjalan mengelilingi suatu daerah yang telah di desain sedemikian rupa , ibarat sebuah istana , perdesaan , perkotaan , hutan dan lainya. Pemain melaksanakan navigasi suatu area , mencari informasi/pesan tertentu , mencari weapon , item , uang , memperoleh obyek yang mempunyai kemampuan yang bervariasi , bertempur dengan musuh , dan lain-lain. Sesuai dengan nama nya "adventure" , game ini mengajak pemain untuk berpetualang. Untuk menciptakan game ini , diharapkan perencanaan yang akurat sehingga mempunyai alur dongeng yang menarik dan mendebarkan.

Masih terdapat banyak lagi genre dalam sebuah game ibarat Action , Arcade , Fighting , Racing , Simulation , Puzzle dan lainnya.

Sumber https://enniferconnerwriter.blogspot.com/
Sumber https://cheatersboiemz.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Skill Kuda Dynasty Warriors 6

Cara Ganti Nomor Hp Akun Garena

Ninja Saga : Tips Menentukan Secret Talent Ninja Saga Sesuai Elemen Ninjutsu